Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plt Bupati Koltim Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Sambutannya

Thursday 1 June 2023 | June 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T10:02:29Z

Ketgam: Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis SH MH saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia di Lapangan Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Koltim Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta, Kamis, 01/06/2023. (Ft, Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia (RI) yang merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia serta sebagai ideologi, Pancasila juga mengandung konsep dan prinsip yang menjadi pandangan hidup masyarakat, Bangsa dan Negara kesatuan  Republik Indonesia.


Untuk itu, setiap 1 Juni telah ditetapkan sebagai hari Lahir Pancasila. Oleh karena itu pada 1 Juni 2023 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka (Koltim) menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila yang  bertempat di Lapangan rumah jabatan (Rujab) Bupati Desa Matabondu Kecamatan Tirawuta, Koltim Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (1/6/2023) pagi tadi.


Plt Bupati Koltim Abd Azis SH MH, menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 tingkat Kabupaten Koltim. Dalam upacara ini, turut hadir Kapolres Koltim AKBP Yudhi Palmi DJ SIK MSi, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, Sekda Koltim Andi Muh lgbal Tongasa S.STP MSi dan yang mewakili Dandim 1412 Kolaka serta seluruh OPD Kabupaten Kolaka Timur.


Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH.,MH menyampaikan bahwa Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.


“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar, namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” paparnya.



Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.


Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.


Lebih lanjut disampaikan, melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, semua akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


“Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang," tegasnya.


Dalam sambutan Presiden, Plt Bupati Koltim menekankan agar terus gelorakan semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote.


Diakhir sambutan Presiden,  Abdul Azis mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian masyarakat.


“Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.


Editor : TJ

×
Berita Terbaru Update