Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desain Sorume Getarkan Kota Bau-Bau

Friday 9 December 2022 | December 09, 2022 WIB Last Updated 2022-12-10T03:00:51Z

Istimewa 

BAU-BAU - TRANSJURNAL.com -
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hartini Azis, A.Ma pertunjukan desain motif dan icon Sorume bunga anggrek sebagai khas daerah Kolaka Timur pada pembukaan Sultra Tenun Karnaval (STK) tahun 2022 di Alun-alun kota Mara Bau-Bau, Jum'at 9/12.


Motiv dan icon Sorume atau Bunga Anggrek khas Koltim, menjadi pusat perhatian di pembukaan STK Tahun 2022 di Alun-Alun Kota Mara Bau-Bau kemarin.


Acara yang dibuka Walikota Bau-Bau La Ode Ahmad Monianse ini, diikuti seluruh kabupaten dan kota se-Sultra. Dan ikon Sorume Koltim dibawakan dan diperagakan oleh putra putri terbaik Koltim yang tampil gagah dan anggun dihadapan ratusan pasangan mata di acara tersebut.



Desain dan ikon sorume dari daerah yang dipimpin Abd Azis SH ini, mengundang tepuk tangan dan decak kagum seluruh yang hadir. Termasuk Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra H Belli SE MSi.


Dalam narasi yang disampaikan dihadapan dewan juri dan pejabat serta masyarakat yang hadir, disampaikan jika Sorume atau Anggrek serat dalam Bahasa Tolaki ini, telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai kerajinan tangan, seperti anyaman tikar, songkok dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya.


Dan, pengembangan motiv sorume ini, tidak lepas dari kepiawaian Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Koltim Hartini Azis AMa. (Dsk)

×
Berita Terbaru Update