Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plt Bupati Jelaskan Penetapan HUT Koltim ke-10 Dalam Rapat Paripurna

Tuesday 10 January 2023 | January 10, 2023 WIB Last Updated 2023-01-11T07:00:53Z

Dalam Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Kolaka Timur, Plt Bupati Abdul Azis, SH., MH menjelaskan tentang penetapan Hari Jadi Koltim ke- 10 di Ruang Sidang Istimewa Kantor DPRD Kabupaten Kolaka Timur, Selasa, 10/1/2023. (Ft, TJ)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis SH MH menjelaskan tentang penetapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kolaka Timur ke-10, yakni 11 Januari 2023 dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang digelar di ruang sidang istimewa Kantor DPRD Koltim, Selasa, 10/1/2023.


Diawal sambutannya, Plt Bupati sampaikan bahwa dalam memperingati HUT ke-10 Kabupaten Kolaka Timur, mengajak untuk menghayati dan membuka memori lembaran sejarah 10 tahun Kabupaten Kolaka Timur, dimana sejak diperjuangkannya mulai dari periodisasi inisiasi, oleh tokoh-tokoh masyarakat Koltim, yang kemudian di lanjutkan dengan pembentukan forum percepatan pembentukan Kabupaten Kolaka Timur, oleh tokoh-tokoh masyarakat Koltim, tokoh pemuda, tokoh agama yang kemudian berhasil membawa Kolaka Timur terdaftar di Kementerian Dalam Negeri, untuk menjadi Daerah Otonomi Baru.


"Perjuangan ini cukup panjang, melelahkan dan heroik, yang kemudian berhasil melahirkan dan membawa Kolaka Timur ini menjadi daerah otonomi di indonesia," katanya.


Kata Plt Bupati, peringatan HUT Kolaka Timur kali ini berbeda dari sebelumnya, dimana diketahui bahwa hari jadi Kolaka Timur jika diurutkan berdasarkan sejarah dan fakta.


"Tanggal 13 desember 2012 pukul 21.00 wib, dilakukan pengambilan keputusan tingkat l Komisi II DPR RI di gedung DPR RI senayan jakarta tanggal 14 desember 2012, pukul 14.00 wib, sidang paripurna DPR RI untuk mengesahkan undang-undang tentang pembentukan 12 Daerah Otonomi Baru di indonesia. Tanggal 11 januari 2013 mulai diundangkan undang-undang nomor 8 tahun 2013 tentang pembentukan Kabupaten Kolaka Timur di Provinsi Sulawesi Tenggara dan telah disahkan dalam lembaran Daerah," jelasnya.



Dari peristiwa tersebut, kata Plt Bupati secara de facto dan de yure Kolaka Timur resmi sebagai Kabupaten pada tanggal 11 januari 2013, sebagaimana hari ini  diperingati. Semoga dengan momentum ini akan semakin memantapkan, dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang, untuk terus membangun, mengantarkan Kabupaten Kolaka Timur sebagai Daerah yang sejahtera bersama Masyarakat yang Agamis, Maju, Mandiri dan Berkeadilan, dengan tema perayaan tahun ini" DIRGAHAYU Kolaka Timur yang ke-10 tahun 2023" dan sub tema "Satu Dekade, Koltim Kuat Koltim Maju".


"Olehnya itu, di kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya, mengajak kita semua untuk memberikan apresiasi, dan penghormatan yang setinggi-tingginya, kepada para pejuang, perintis dan pendiri Kabupaten Kolaka Timur, yang telah bekerja keras selama bertahun-tahun, mewujudkan wilayah timur Kolaka menjadi Kabupaten," imbuhnya.


"Kita patut berbangga terhadap mereka, kita berikan penghargaan yang tulus atas jasa dan pengabdian para tokoh-tokoh yang berjuang demi pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur," tambahnya.


Selanjutnya ia mengatakan, setelah di tetapkan menjadi Daerah Otonomi Baru 10 tahun yang lalu, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana mewujudkan cita cita kepada semua menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera, yang dilandasi semangat juang dan kerja tanpa lelah, yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kolaka Timur 2021-2026 dan terimplementasi dalam program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas) yang sudah dicanangkan. 


"Maka, memasuki tahun ke-10 Kolaka Timur, sekaligus momentum kebersamaan kita, marilah kita bersama-sama mewujudkan cita-cita pendiri Bangsa kita, dan pendiri Daerah yang kita cintai ini," pungkasnya.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update