Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seorang Anak Asal Desa Tumbudadio Terpapar Penyakit Leukemia

Monday 9 January 2023 | January 09, 2023 WIB Last Updated 2023-01-09T12:25:37Z

Haikal anak asal Desa Tumbudadio saat dirawat di UGD Puskesmas Tirawuta tadi pagi, sekarang sudah dirujuk ke RS Bahteramas. (Ft, TJ)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Kondisi seorang anak asal Desa Tumbudadio Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Haikal sedang terpapar penyakit Leukemia yang sulit disembuhkan dan hari ini kembali dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas.


Dengan demikian, pihak Puskesmas tersebut beberapa kali merujuk ke RS Bahteramas namun hasilnya belum membuahkan hasil, sehingga disarankan segera dirujuk ke Makassar. Akan tetapi, orang tua korban terkendala dengan biaya perjalanan.


Dijelaskan perawat jaga UGD Puskesmas Tirawuta, Suster Titi kepada media ini bahwa penyakit yang diderita anak tersebut sulit disembuhkan sehingga diberikan rujukan ke RS Bahteramas untuk dirujuk ke RS di Makassar.


"Sesuai prosedur dari Puskesmas dirujuk dulu ke Bahteramas kemudian dilanjutkan ke Makassar. Sebab, penyakit Leukemia itu sulit disembuhkan kalau bertahan disini bisa dikatakan tak akan ada perubahan," tandasnya.


Menurut Ibu korban, Cici menyampaikan derita anaknya yang sudah kehabisan akal bolak balik Rumah Sakit bahwa sudah sering kali disarankan agar anaknya segera dibawa ke Makassar.


"Saya disuruh ke Makassar tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa karena kesana pasti butuh biaya meskipun biaya Perawatan medis ditanggung otomatis biaya jalan dan makan sehari hari disana butuh dana itu yang kami tidak punya kasian," ujar Cici Ibu Haikal seorang anak yang sedang menyandang penyakit Leukemia, Senin, 9/1/2023.


Kata dia, selama enam bulan terakhir penyakit yang diderita anaknya tak kunjung sembuh sehingga besar harapannya kepada Pemerintah Daerah maupun Pemerintah setempat untuk membantu biaya perjalanannya ke Makassar.


"Kurang lebih enam bulan berobat di Rumah Sakit belum ada perubahan. Jadi, saya ingin bawah ke Makassar tapi saya terkendala biaya. Saya mohon kepada Pemerintah bisa bantu biaya saya ke Makassar kasian," harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa Tumbudadio Amiruddin yang dihubungi membenarkan jika anak tersebut sudah beberapa kali dibawah ke RS namun sampai saat ini belum ada perubahan.


"Haikal itu benar orang tuanya Warga yang berdomisili di Desa Tumbudadio dan sudah berapa kali masuk Rumah Sakit rencana akan dirujuk ke Makassar hanya saja terkendala biaya, saat ini sementara kami cari solusinya," pungkas Amiruddin.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update