Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tamalaki Posudo Wonua Koltim Support Ruksamin

Tuesday 24 January 2023 | January 24, 2023 WIB Last Updated 2023-01-24T10:00:15Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com
- Ketua Umum Tamalaki Posudo Wonua (TPW) Provinsi Sulawesi Tenggara yang bermarkas di Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur, Muhammad Sadar mengatakan dengan spontan turunkan ratusan roda dua jemput kehadiran Ruksamin di Kolaka Timur. Senin, 23/1/2023.


Menurut Ketua TPW, Dar sapaan akrabnya, bahwa Tamalaki ini lahir dari semangat dan kesadaran untuk menjaga, melestarikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal  terkhusus di Kolaka Timur. Yang memiliki prinsip empat Pilar menjadi dasar organisasinya.


"Yang pertama, bagaimana kita jalin kekeluargaan, jaga Negara, menjaga Pemerintah dan Daerah. Meskipun ini adalah Tamalaki tapi bukan terkhusus saja membela kesukuan akan tetapi semua etnis yang mau membantu membangun Kolaka Timur pada umumnya Sulawesi Tenggara," tuturnya.


Terkait dengan penjemputan, kata dia, bahwa putra-putra terbaik  yang berkomitmen untuk membangun Sulawesi Tenggara akan selalu didukung dan selalu berada dibelakang mereka termasuk Pak Ruksamin.


"Sebab, Beliau adalah salah satu Putra terbaik Sulawesi Tenggara. Baik dari jejak politik, latar belakang  pendidikan beliau terkhusus saat ini beliau dikenal prestasinya hingga skala nasional. Oleh karena itu, tentu kami harus mensupport karena kami melihat beliau adalah sosok yang tepat dan memiliki semangat yang kuat untuk membangun Sulawesi Tenggara," terangnya.


Lanjut ia katakan, ketika kedepan beliau dirahmati dan ditakdirkan menjadi Gubernur Sultra, Beliau (Ruksamin-red) harus peduli dengan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal terkhusus di Koltim pada umumnya di Sulawesi Tenggara.


"Sehingga, pengawalan atau penjemputan yang kami lakukan dengan antusias Masyarakat kemarin itu sebenarnya tidak full mengingat anggota yang lain ada yang kerja di Morosi di Kolaka Utara, di Kolaka, bahkan ada di Konawe. Walaupun tidak maksimal, tapi kami sudah menunjukkan bahwa sekali lagi kami berkomitmen mengawal nawaitu serta ikhtiar beliau untuk jadi pemimpin dan membangun Sulawesi Tenggara," katanya.


Selanjutnya, ia mengatakan penjemputan yang dilakukan kemarin  berawal dari  batas Koltim dan Konawe sekitar dua ratusan roda dua, itu secara spontan karena tidak terkoordinir andaikan terkoordinir bisa jadi ribuan yang menjemput beliau.


"Kunjungan Beliau selain hadiri Silatda Hikma karena Beliau disitu sebagai Dewan Pembina, Beliau juga berkunjung di dua titik tepatnya di Desa Poni-poniki dan di Kelurahan Rate-Rate terlihat antusias para tokoh Masyarakat,  Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda serta Ormas, yang bagian dari langkah awal beliau di Kolaka Timur," bebernya.


"Kedatangan pak Ruksamin di Koltim patut di apresiasi dan disambut baik bahwa kita yakin dengan prestasi beliau dengan latar belakang pendidikan dan jejak politik beliau yang cemerlang juga masih aktif menjadi Bupati dua periode di Konawe Utara. Saya yakin beliau mumpuni ketika berorasi boleh saya katakan merepresentasikan sosok Sukarno yang menggebu-gebu yang punya semangat sangat besar ketika ia berorasi boleh dibilang beliau seorang singa podium," sambungnya.



Lebih lanjut Pria yang lahir di Kolaka Utara dan sekarang menetap di Tinondo itu mengatakan bahwa Sulawesi Tenggara masih memiliki problem yang cukup besar salah satunya bagaimana menyatukan perbedaan yang ada di Sultra.


"Saya berterimakasih kepada Beliau telah memberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan Beliau, satu harapan yang pasti bahwa Masyarakat ini menginginkan Pemimpin yang bersentuhan langsung kepada mereka yang mau mendengarkan langsung problem-problem atau kesulitan yang ada di lapangan," harapnya.


Apalagi di Sultra ini, lanjut dia, memiliki potensi besar Sumber daya alam yaitu tambang dan ini perlu harus dipikirkan oleh pemimpin supaya bisa betul-betul asas manfaatnya untuk kemakmuran terkhusus di Kolaka Timur yang dibutuhkan itu adalah infrastruktur jalan, bidang Pendidikan terkhusus bidang Pertanian, kehutanan dan perikanan.


"Karena di Kolaka Timur ini, menurut data statistik  penyumbang tertinggi APBD Kabupaten Kolaka Timur adalah Pertanian, kehutanan dan perikanan Ini yang perlu dipikirkan pemimpin kedepan Sultra," pungkasnya.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update