Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPPKB Koltim Luncurkan Program Duta Generasi Berencana untuk Membentuk Remaja Berkualitas

Wednesday 20 March 2024 | March 20, 2024 WIB Last Updated 2024-03-20T10:39:15Z

Foto bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DPPKB Kabupaten Kolaka Timur, Jumaeda, SKM, usai seleksi duta generasi remaja yang terpilih juara pertama putra dan putri.

KOLTIM - TRANSJURNAL.com - M
enjadi hari bersejarah bagi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka Timur yang telah sukses menggelar program Duta Generasi Berencana (Genre) yang berlangsung di Aula Kantor DPPKB pada Rabu, 20 Maret 2024.


Kegiatan ini dihadiri, perwakilan BKKBN provinsi Sulawesi Tenggara serta para pelajar SMA se-Kabupaten Kolaka Timur  sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan perencanaan masa depan remaja.



Jumaeda, SKM, Kepala Dinas PPKB yang baru dilantik, menyampaikan kepada sejumlah awak media bahwa tujuan dari program ini adalah untuk memberikan bekal perencanaan hidup yang efektif kepada remaja, mulai dari aspek disiplin, kejujuran, karir, hingga pendidikan. Jumaeda menekankan pentingnya fase remaja sebagai masa transisi yang menentukan dan memerlukan bimbingan yang tepat.


Dalam kegiatan yang diikuti oleh hampir 100 peserta ini, dilakukan seleksi ketat untuk menentukan siapa yang berhak menjadi duta Genre. “Tujuan kami bukan hanya mencari pemenang, tetapi lebih kepada menyebarkan ilmu perencanaan ini kepada seluruh peserta agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mendorong perubahan positif dalam lingkungan masing-masing,” ujar Jumaeda.


Lebih jauh, Jumaeda berharap program ini dapat mendorong remaja untuk tidak hanya pasrah kepada takdir, tetapi juga aktif merancang dan mengambil tindakan konkret dalam menghadapi masalah, termasuk bahaya narkoba. Menurutnya, keberhasilan hidup terletak pada perencanaan yang baik dan inisiatif dari diri sendiri.



Program Duta Genre diharapkan memberikan dampak luas, tidak hanya kepada peserta langsung, tetapi juga kepada remaja lain di Kabupaten Kolaka Timur secara keseluruhan, menciptakan generasi yang sukses baik dalam aspek akademis maupun profesional, serta menjalani hidup yang sehat dan bahagia.


Pada akhir kegiatan, diumumkan pemenang lomba Duta Genre tingkat Kabupaten Kolaka Timur, dengan Muh. Revan Almer Alphared dari SMA Negeri 1 Tirawuta meraih juara pertama kategori putra, dan Elmy Alvina Antika dari SMA Negeri 1 Ladongi sebagai juara pertama kategori putri, menandakan dimulainya peran mereka sebagai duta Genre yang akan diutus ke tingkat Provinsi.


Laporan : Redaksi

×
Berita Terbaru Update