Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

143 CPNS Koltim Ikuti Orientasi, Sulwan: Mereka Putra/Putri Terbaik Yang Sudah Melewati Seleksi Ketat

Thursday 24 March 2022 | March 24, 2022 WIB Last Updated 2022-03-24T13:47:27Z


KOLTIM
- Trans Jurnal.com.143 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kolaka timur (Koltim), Sulawesi tenggara (Sultra) mengikuti langsung orientasi, bertempat di Aula Pemda Koltim, Senin (21/3/2022).


Nampak hadir pada kegiatan itu, yakni para pimpinan OPD, Staf Ahli, Asisten beserta para Kabag lingkup Daerah Kabupaten Kolaka Timur.


Mengawali sambutannya, Sulwan Aboenawas menyampaikan bahwa  berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil  Negara (ASN)  bahwa pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan kegiatan untuk mengisi kebutuhan jabatan administrasi dan pejabat fungsional dalam suatu instansi pemerintah yang dilakukan dengan penetapan kebutuhan oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi melalui tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, masa percobaan dan pengangkatan menjadi PNS.


"Kegiatan orientasi yang kita laksanakan ini merupakan tahapan percobaan dengan bobot nilai 20% dari nilai pelatihan dasar yang akan di laksanakan melalui badan Diklat provinsi," terangnya.


Hal ini bertujuan, masih kata  Sulwan, dalam rangka penerapan sistem untuk menghasilkan PNS yang berkualitas, profesional dan berintegritas.


"Sehingga saya percaya seluruh CPNS yang ada disini mereka putra putri pilihan terbaik yang telah melewati tahapan seleksi yang ketat. Dan saya yakin semuanya dapat melewati tahapan-tahapan yang tersisa untuk menjadi PNS," tegasnya.


Lanjutnya, Pegawai negeri sipil merupakan unsur utama sumberdaya manusia aparatur negara yang memiliki peranan dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Sebagaimana PNS diwujudkan dengan sikap perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral serta bermental baik, profesional dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.


"Untuk dapat membantu sosok PNS seperti yang dimaksud, sebelum ditetapkan statusnya menjadi PNS maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dan orientasi dalam bentuk latihan dasar CPNS," harap pj Bupati Kolaka Timur, Sulwan Aboenawas diakhir sambutanya.


Sementara itu, kepala BKPSDM Kolaka Timur, Murtini Balaka menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan orientasi CPNS dilaksanakan selama kurang lebih empat hari, dari tanggal 21 – 24 Maret 2022.


“Penyelenggaraan orientasi CPNS formasi tahun 2021 di Kolaka timur, diikuti oleh 143 orang calon aparatur sipil negara, diantaranya dari tenaga tekhnis dan tenaga kesehatan,"ucapnya


“Untuk tenaga kesehatan berjumlah 114 orang, diantaranya 28 orang laki-laki dan 86 orang perempuan, sedangkan untuk tenaga teknis berjumlah 29 orang dimana dari jumlah tersebut untuk laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 13 orang," tutup Murtini Balaka.


Laporan: Epin

×
Berita Terbaru Update