Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT Kadin di Sultra Bakal Hadirkan 6 Artis Ibu Kota

Tuesday 29 March 2022 | March 29, 2022 WIB Last Updated 2022-03-30T16:08:58Z


KENDARI_TRANSJURNAL.COM
. Refleksi satu tahun bersama Anton Timbang (AT) dengan tema satu hati pulihkan kesehatan dan tingkatkan ekonomi melalui UMKM di Sulawesi Tenggara, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Tenggara akan menggelar acara besar-besaran yaitu mendatangkan 6 Artis Ibu Kota pada perayaan 1 Tahun Kadin Sultra  Bersama Anton Timbang rencana bertempat di hotel ternama di Kendari.


Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra). Ini merupakan kegiatan untuk mengevaluasi kegiatan selama satu tahun Kadin Sultra di bawah kepemimpinan Anton Timbang. Kendari (29/3/2021).


Dari perjalanan Kadin selama ini, sebelum di bawah kepengurusan Anton Timbang, Kadin tidak memberikan peran yang signifikan sebagai tempat berhimpunnya pengusaha pelaku ekonomi di dalam meningkatkan prekonomian dan kesejahteraan masyarakat.


Kamar Dagang dan Industri  (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah  1 tahun di bawah kepemimpinan Anton Timbang (AT)  mengungkapkan bahwa, sekarang keberadaan Kadin baru dirasakan oleh masyarakat yaitu  1 (satu)  tahun Kadin sudah melakukan berbagai gebrakan di Sultra utamanya meningkatkan kesehatan dan  perekonomian masyarakat Sultra melalui UMKM.


Perlu saya sampaikan bahwa, refleksi satu (1) tahun ini ada beberapa kegiatan yang kami lakukan di antaranya : kegiatan di daerah dan kegiatan tingkat nasional. 


"Adapun kegiatan di daerah yaitu kita bekerjasama dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” ucap Anton Timbang.


Lanjut Anton Timbang adapun kegiatan Kadin Sultra selama ini adalah  berupa pembagian masker, kegiatan  vaksinasi, pengadaan pasar murah, dan bantuan langsung.


Sementara kegiatan nasional yakni terkait peningkatan ekonomi dalam hal pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jadi sudah banyak UMKM yang dibina dan dibantu dalam meningkatkan usaha mereka, " imbuhnya.


“Selain itu, kami juga sudah mendata UMKM yang ada di Sultra ini, dan ini menjadi sasaran kami dalam hal membantu pemerintah bagaimana meningkatkan ekonomi secara keseluruhan,” bebernya.


Cuma perlu kami sampaikan bahwa pass pelantikan saya sebagai ketua Kadin Sultra kita dilanda bencana Covid-19, dengan menerapan PPKM mulai dari Level satu sampai level terusnya sehingga banyak progra- dan kegiatan kita fokuskan di penanganan Covid-19, melalui bantuan masker, dan bantun kesehatan, serta bantuan peningkatan perekonomian melalui UMKM jadi kegiatan dalam hal kesehatan, dan kegiatan peningkatan ekonomi yang kita lakukan 


Jadi besok kita akan gelar ekspo 1 tahun Kadin bersama Anton Timbang

Dengan tema reflexsi satu tahun bersama Anton Timbang melalui pemulihan  kesehatan dan tingkatkan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.


Tujuan dilakukannya ekspo ini, kata Anton, yakni untuk mengevaluasi sudah sejauh mana Kadin Sultra ini memberikan perannya terhadap peningkatan ekonomi, dan kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah dilaksanakan, " pungkasnya.


“Selain tujuan tersebut, juga bertujuan agar pelaku-pelaku dunia usaha merasa bahwa Kadin itu bersama-sama kita. Jadi yang hadir besok itu hampir semua stakeholder, seperti pemerintah, Forkopimda, BUMN, BUMD, dan perusahaan-perusahaan besar, serta asosiasi, Kadin di kabupaten dan kota, dan pelaku-pelaku usaha,” tambahnya.


Dikonfirmasi terkait persiapan kegiatan refleksi satu tahun Kadin tersebut, Anton menjelaskan bahwa, itu sudah berjalan sekitar 95 persen.


“Sementara kegiatan besok berlangsung tiga agenda, yang mana mana agenda pertama yaitu sekitar pukul 10.00 wita penandatangan MuO bersama mitra Kadin, dan sekitar 21 lembaga juga akan melakukan hal yang sama dalam peningkatan ekonomi dan dalam hal pembinaan UMKM, " ucapnya.


Sedangkan untuk kegiatan kedua, masih AT, yaitu talkshow, di mana talkshow ini dibagi menjadi dua sesi dan sementara untuk sesi pertama itu pemantiknya dari UHO membahas topik “Peran Kadin Sultra Mengurai Masalah Makro Ekonomi di Sulawesi Tenggara.


Dalam talkshow itu akan hadir unsur-unsur Kadin tersebut, dan narasumber dari akademisi. 


Untuk kegiatan kedua dibawakan oleh Dekan Fakultas Ekonomi UHO yang bertemakan “Menelaah Kebijakan dan Strategi Pemerintah Sultra Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi”. Maka diharapkan dalam talkshow ini dapat dilihat sejauh mana dampak dari pandemi ini terhadap ekonomi. Jadi nanti akan diminta masukan dari seluruh pelaku-pelaku ekonomi. Hingga demikian ke depan Kadin bersama pemerintah bisa merencanakan bagaimana pertumbuhan ekonomi di Sultra sesuai dengan target nasional.


“Pertumbuhan ekonomi kita sekarang di angka 4 sampai 5 persen, jadi kita harapkan ke depan bisa berada di angka 7 persen ke atas seperti sebelum pandemi. Untuk mencapai target ini maka Kadin akan melakukan pembinaan dengan kalangan pelaku ekonomi,” umbarnya.


Kegiatan malam ramah nanti akan dihadiri juga stakeholder, diharapkan dalam ramah tamah tersebut adalah membangun keakraban sehinnga Kadin menjadi fasilatator, khususnya untuk pengusaha dan pelaku-pelaku ekonomi lokal, supaya bisa kerja sama.


“Mudah-mudahan tahun 2022 ini pelaku-pelaku ekonomi di Sultra ini betul-betul bisa meningkatkan kompetensi, sumber daya, utamanya daya saing. Karena walaupun pemerintah memberikan ruang kepada kita, tetapi kita tidak mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha dari luar. Jadi ke depan itu kita akan perbanyak melakukan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi, tenaga kerja ataupun pelaku-pelaku usaha, " harapnya.


Tepat tanggal 30 Maret 2022 mantan Ketua Gerindra ini  sudah satu tahun memimpin Kadin Sultra dengan motto “Semua Investasi yang Masuk di Sultra Harus menggandeng Pengusaha Lokal.


Harapan Anton Timbang silahkan teman-teman media dan lembaga hadiri kegiatan kami dengan adanya teman-teman media mengekspos kegiatan kami itu sudah membantu Kadin dalam mengekspos semua kegiatan Kadin Sultra sebab peran Media sangat penting disini, "tutup Anton Timbang.(stn)


Editor Alfandy

×
Berita Terbaru Update