Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunker di Konsel, Mensos Bantu Penderita Corneal

Saturday 19 March 2022 | March 19, 2022 WIB Last Updated 2022-03-19T17:38:06Z


KONSEL,TRANSJURNAL.com
-Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini melakukan Kunjungan Kerja  di Loka Minaula Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Jumat 18 Maret 2022.


Dalam Kunker tersebut, Tri Rismaharini memberi bantuan Asistensi Rehabilitasi syosial (Atensi) dan merespon kasus anak penderita Corneal Opacities ODS suspek Dermold Cysts atau kelainan pengelihatan bersama tim Kitabisa.com.


Menteri Sosial didampingi Sekda Sultra Hj Nur Endang Abbas, Wakapolda Sultra Brigjen Waris Agono, Sekda Konsel, Syarif Sajang dan Kepala LRSLU Minaula Kendari Samsuddin. 


Tri Rismaharini mengatakan total bantuan yang disalurkan dari bantuan sosial Atensi sebesar Rp 297.147.400 kepada total 252 penerima manfaat.


"Jenis bantuan berupa Atensi anak yatim untuk 15 orang senilai Rp 9 juta, bantuan aksesibilitas untuk 87 orang senilai Rp 127.485.000, bantuan kebutuhan dasar untuk 132 orang senilai Rp 95.661.440 dan bantuan kewirausahaan untum 18 orang senilai Rp 65 juta," ungkapnya.


Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada enam orang penerima manfaat karena situasi masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Keenam penerima bantuan Atensi secara simbolis tersebut, ialah Marni Harma warga Buton Tengah, Samson warga Muna, Wa Fiiga warga Kendari dan tiga warga Kabupaten Konawe Selatan, Zahida Qalbi Nadifa, Hermawati dan Wa Ane.


Selain itu, dirinya juga meresmikan Sentra Kreasi Atensi (SKA) Meohai di Loka Minaula Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. "SKA ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan dan vokasional bagi penerima bantuan. Tempat memproduksi sesuatu untuk dijual, agar penerima manfaat mandiri dan produktif," ujarnya.


Lebih lanjut dirinya meminta kepada pemerintah daerah aktif melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial (bansos). Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin, Menteri Sosial (Mensos) mengatakan, data fakir miskin berasal dari pemerintah daerah dan pemerintah daerah berwenang memverifikasi dan memvalidasi data tersebut.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Syarif Sajang mewakili Bupati Konsel H Surunuddin Dangga berterimakasih atas perhatian Kemensos. "Bantuan yang disalurkan Kementerian sosial mampu meringankan beban masyarakat dan menstimulus produktifitas ditengah pandemi covid-19," kata ia.


Terkait permintaan Menteri untuk aktif memverifikasi dan memvalidasi data, Syarif mengatakan Pemda Konsel telah melakukannya. Pemda Konsel, lanjutnya, paham betul pentingnya hal tersebut.


"Kita terus lakukan, agar tidak ada bias antara data yang dikirim ke pusat dan faktual di lapangan. Pemda melalui Dinas Sosial selalu aktif mengupdate data, sehingga tiap bantuan yang disalurkan dipastikan tepat sasaran," pungkasnya.(dks)

×
Berita Terbaru Update