Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesan Bupati di Ajang KSN dan FLS2N, Teruslah Berkarya Untuk Meraih Prestasi

Friday 23 September 2022 | September 23, 2022 WIB Last Updated 2022-09-24T06:44:53Z


KOLTIM - Transjurnal.com - Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH yang di wakilkan oleh sekda Andi Muh. Iqbal T membuka secara resmi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Kolaka Timur tahun 2022 dengan tema “Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia” di aula pemda, Juma’at (23/9/22).


Dalam kegiatan pembukaan FLS2N dan KSN tersebut turut di hadiri ketua TP PKK Kolaka Timur, Hartini Azis, S.Pd, Para sataf ahli, Asisten, Para pimpinan OPD, Para Kabag, para camat yang sempat hadir serta kapolsek rate-rate.


Dalam sambutan Plt bupati kolaka timur yang di bacakan oleh Andi Muh. Iqbal T menyampaikan ungkapan kebanggaanya serta kebahagiaan, sekaligus rasa syukur yang besar atas terselenggaranya kegiatan tersebut


“Teruslah berkarya dan berprestasi, jadikan Seni sebagai gaya hidup untuk maju karena kreatifitas,  kompetensi, dan charome Book untuk digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang berkualitas,” katanya.


Menurutnya, esensi kegiatan ini tidak hanya berorientasi pada kompetisi peserta didik tetapi kegiatan FLS2N dan KSN akan dijadikan sebagai pengalaman belajar (learning experience) yang menjadi ajang pembelajaran dalam hal olah pikir, olah hati dan olah rasa yang dapat meningkatkan imun kita dalam beraktifitas.



Dirinya juga menghimbau kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan khususnya para kepala sekolah dan guru yang menjadi ujung tombak pendidikan di lapangan, agar memotivasi sekolah dan memfasilitasi siswa dalam kegiatan peningkatan Sains dan seni budaya,


Selanjutnya membina dan meningkatkan kepedulian siswa terhadap nilai-nilai seni dan budaya kemudian mengembangkan sikap kompetitif dalam diri Siswa yang berwawasan global serta, memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Sains dan seni


“Seni merupakan aktualisasi diri yang tidak muncul dengan sendirinya , Seni harus digali untuk terus berkembang, olehnya itu FLS2N dan KSN harus menjadi kegiatan yang terus menerus setiap tahunnya dilaksanakan dan bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat mengangkat kearifan Lokal sesuai dengan tema kita hari ini," terangnya.


Kata Sekda Koltim, saat ini kita telah berada di era industry 4.0 yang serba digital serta penerapan teknologi informasi di hampir semua sisi kehidupan kita, terlebih lagi di dunia pendidikan telah banyak diterapkan system pembelajaran online secara Daring bahkan Asesmen yang kita laksanakan di satuan pendidikan juga menggunakan TIK yang dikenal dengan sebutan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer)


“hari ini pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Kolaka Timur juga dilaksanakan dengan menggunakan teknologi berbasis computer baik jenjang SD maupun jenjang SMP, artinya Anak-anak kita tidak kalah dengan anak-anak yang ada di luar sana,” bebernya.


"Penyelenggaraan KSN dan FLS2N setiap tahun secara rutin merupakan upaya pemerintah baik pusat maupun daerah untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia pada umumnya dan daerah Kab. Kolaka Timur pada khususnya, sambung Sekda  


Tak lupa menitipkan, selain seni, dapat juga melaksanakan lomba-lomba bidang olahraga untuk melihat potensi yang dimiliki anak didik kita dan meningkatkan sportifitas serta menjalin persahabatan antar peserta didik.


Terakhir, melalui sambutannya ia mengucapkan selamat berlomba. Jagalah kejujuran dan semangat juang yang tinggi dan bagi panitia dan dewan juri, laksanakanlah tanggung-jawab kalian dengan sebaik-baiknya, berlakulah obyektif, adil dan jujur kepada setiap peserta yang ikut berlomba.


Untuk diketahui, Dalam kegiatan tersebut  turut dihadiri, Ketua TP-PKK Koltim Hartini Azis AMa, yang juga Ketua Bunda PAUD,  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Koltim Herman Amin SSos MM selaku penyelenggara, asisten, staf ahli pimpinan OPD bagian dan ratusan peserta.


Salah satu ajang bergengsi bagi  pelajar adalah  Kompetisi Sains Nasional    (KSN) dan  Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional  (FLS2N) yang selalu diselenggarakan tiap tahunnya.


Plt. Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kubudayaan Kolaka Timur  (Koltim), Herman Amin  mengatakan  Kgiatan FLS2N dan KSN yang dilaksanakan  setiap tahun ini digelar selama dua hari. Untuk itu pihaknya berharap agar kegiatan   terus ditingkatkan, guna menghasilkan Murid atau Siswa Siswi berbakat.


"Semoga  yang  menjadi juara pada  tahun  ini maupun  tahun berikutnya  bisa membawa nama baik Koltim di kanca Nasional dan harus  bisa,"kata Herman saat dihubungi awak media, Sabtu (24/9/2022).


Sebagai bawahan Bupati Kata Herman, pihaknya akan  terus bekerja dengan  semangat sesuai dengan tupoksinya dalam  memberikan motivasi terhadap para Guru dan Muridnya.


"Sehingga harapan beliau  bisa menjadi yang  terbaik untuk masyarakat Koltim,"harapnya.



Sementara itu,  Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim Andi Muhammad  Iqbal Tongasa  menjelaskan FLS2N dan KSN sebagai salah satu kegiatan atau kompetisi yang sangat baik.


Hal ini disampaikan Sekda saat mewakili Plt Bupati Koltim membuka FLS2N atau Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional dan KSN atau Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Koltim Tahun 2022 di Aula Pemda Koltim, Jumat (23/9/2022) kemarin.


Menurut mantan Kadis Dikmudora Koltim itu, kegiatan ini sangatlah positif untuk menciptakan siswa-siswi yang mempunyai kemampuan. Karena di era 4.0 saat ini pendidik dan anak didik harus mampu berkompetisi seperti kegiatan ini. Dan, diharapkan kepada Dikbud Koltim untuk terus membuat dan mengembangkan kegiatan seperti ini, apalagi covid-19 sudah melandai.


“Pak bupati kita ini ingin kegiatan-kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan, karena beliau ingin Kolaka Timur kedepan banyak perubahan kearah yang lebih baik. Dan kita semua berharap Kolaka Timur akan jauh lebih baik,” ungkapnya.


Laporan Epin 

×
Berita Terbaru Update