Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemkab Koltim Dorong Motif Sorume Dikenal Hingga Pelosok Nusantara

Monday 27 February 2023 | February 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-28T02:05:00Z

Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis SH MH (tengah dari kiri) Ketua Dekranasda Koltim Hartini Azis, A.Ma (pertama dari kiri) Kadis Kominfo Koltim, I Nyoman Abdi, S.Pd., M.Pd (ketiga dari kiri) Designer profesional, Ivan Gunawan Putra, (pertama dari kanan) saat berkomitmen untuk mempromosikan kain tenun motif Sorume khas Kolaka Timur di Jakarta. (Ft, Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dibawah pimpinan Abdul Azis SH MH bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hartini Azis, A.Ma di dampingi Kadis Kominfo, I Nyoman Abdi, S.Pd., M.Pd tak henti hentinya mendorong kain tenun motif Sorume khas Kolaka Timur memperkenalkan hingga pelosok Nusantara. 


Upaya Pemkab Koltim kali ini melalui tangan perancang busana nasional atau designer profesional yang juga artis tanah air Ivan Gunawan Putra, berkomitmen untuk mengembangkan dan memamerkan motif Sorume ini, sehingga bisa dikenal dan digunakan seluruh masyarakat Indonesia.


Komitmen artis yang akrab disapa Igun ini, dilontarkan saat bertatap muka dengan Bupati Koltim Abd Azis SH MH dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Koltim Hartini Azis, A.Ma, di Jakarta, Senin (27/2/2023).


"Luar biasa ini motifnya (Sorume), keren dan saya yakin bakal diterima seluruh lapisan masyarakat Kolaka Timur sendiri dan Indonesia," tutur Igun sambil mengamati beberapa lembar contoh tenunan bermotif Sorume yang sudah dibawa Ketua Dekranasda dari Koltim.


Kata Igun, agar terlihat lebih keren dan menarik, dirinya akan sedikit mendesain ulang tenun motif Sorume, supaya bisa menjadi brend Koltim, dan bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.


Atas respon positif Igun ini, Hartini Azis berkomitmen untuk terus mengembangkan segala potensi daerah Koltim, agar bisa dikenal hingga seluruh pelosok Indonesia.


"Kita punya banyak kekayaan seperti motif Wulele Sorume ini, yang bisa mengharumkan nama Kolaka Timur, hingga tingkat nasional. Insyaallah ditangan mas Ivan ini, motif Sorume ini akan semakin dikenal dan dicintai," ucap Ketua Dekranasda Koltim. 


Para Model profesional pertunjukan motif Sorume khas Kolaka Timur di acara IFW. (Ft, Ist)

Tak hanya itu, baru-baru ini dikenalkan lewat ajang Indonesia Fashion Week, pada acara yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (25/2/2023) diikuti sejumlah kabupaten di Sultra yang turut disaksikan Sekda Provinsi Sultra Drs Asrun Lio bersama istri, Bupati Koltim Abd Azis SH MH bersama istri yang juga Ketua Dekranasda Koltim Hartini Azis A.Ma, dan sejumlah bupati bersama istri, serta ratusan masyarakat Jakarta sendiri.


Dengan menampilkan sejumlah model yang memamerkan kecantikan dan keindahan kain tenun bermotif Sorume ini, sangat mengagumkan bagi seluruh yang hadir di momen tersebut.


Selain karena kegigihan seorang Hartini Azis untuk terus menampilkan serta mempromosikan motif salah satu bunga khas Koltim ini, Desainer Amir Malik juga merupakan sosok dibalik penampilan mengagumkan tersebut.


Usai kegiatan tersebut, Harini Azis menyampaikan, Sorume yang menjadi ciri khas Koltim harus terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional.


"Tenun motif Sorume, adalah ciri khas kita di Kolaka Timur yang harus terus diperkenalkan dan digaungkan, agar semakin dicintai masyarakat Kolaka Timur sendiri," harapnya. 


Putra Putri Kolaka Timur pertunjukan dengan gagah dan anggun di acara Sultra Tenun Karnaval (STK) di Bau-Bau. (Ft, Ist)

Sebelumnya juga, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Hartini Azis, A.Ma mempertunjukan desain motif dan icon Sorume bunga anggrek sebagai khas daerah Kolaka Timur pada pembukaan Sultra Tenun Karnaval (STK) tahun 2022 di Alun-alun kota Mara Bau-Bau.


Motif dan icon Sorume atau Bunga Anggrek khas Koltim, menjadi pusat perhatian di pembukaan STK Tahun 2022 di Alun-Alun Kota Mara Bau-Bau saat itu.


Acara yang dibuka Walikota Bau-Bau La Ode Ahmad Monianse ini, diikuti seluruh kabupaten dan kota se-Sultra. Dan ikon Sorume Koltim dibawakan dan diperagakan oleh putra putri terbaik Koltim yang tampil gagah dan anggun dihadapan ratusan pasangan mata pada acara tersebut.


Desain dan ikon sorume dari daerah yang dipimpin Abd Azis SH ini, mengundang tepuk tangan dan decak kagum seluruh yang hadir. Termasuk Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra, H Belli SE MSi.


Dalam narasi yang disampaikan dihadapan dewan juri dan pejabat serta masyarakat yang hadir, jika Sorume atau Anggrek serat dalam Bahasa Tolaki ini, telah lama dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai kerajinan tangan, seperti anyaman tikar, songkok dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya. (Advertorial)


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update