Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPMD Gelar Rakor dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Friday 3 March 2023 | March 03, 2023 WIB Last Updated 2023-03-03T10:30:03Z

Plt Kepala DPMD Kabupaten Kolaka Timur, Irwan Kara, S.Sos saat menyampaikan susunan laporan kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi BPJS ketenagakerjaan di Aula Pemda Koltim. (Ft, TJ)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com
- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) ketenagakerjaan dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa tingkat kabupaten Koltim yang bertempat di Aula Pemda Koltim, Kamis, 02/02/2023.


Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pedoman Pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Optimalisasi Implementasi Jamsostek bagi RT/RW dalam rangka Sinergitas Bersama Pemerintah Desa dalam Optimalisasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Masyarakat Desa.


Untuk itu, kegiatan tersebut mengambil tema memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desa melalui gerakan membangun dan melayani masyarakat Kolaka Timur atau Gemas Koltim dalam sinergitas pemerintah desa, daerah dan pusat


Nampak hadir dalam kegiatan itu, Plt Bupati Koltim,  ketua DPRD Koltim, Sekda Koltim, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala BPD Sultra cabang Koltim, Danramil 1412-01 Tirawuta, Para OPD lingkup pemerintah Kabupaten Koltim dan para kepala Desa, sekertaris Desa, TP-PKK Desa, BPD Desa dan pendamping Desa Profesional se Kolaka Timur.


Ratusan peserta Rakor menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dengan posisi berdiri sebelum kegiatan berlangsung 

Disampaikan dalam bentuk laporan panitia, Plt Kepala DPMD Koltim, Irwan Kara, S.Sos mengatakan bahwa dalam rangka kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi BPJS ketenagakerjaan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tingkat kabupaten kolaka timur tahun 2023 berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.


"Tujuan rapat koordinasi penyelenggaraan pemerintahan desa untuk mengidentifikasi capaian pelaksanaan program kegiatan di desa dan untuk mengidentifikasi berbagai isu dan permasalahan serta solusi yang diperlukan untuk perbaikan pelaksanaan program kegiatan di desa termasuk mengidentifikasi berbagai inovasi dan praktek baik program yang telah dilaksanakan di desa," kata Kadis.


Adapun jumlah peserta kegiatan ini, kata Irwan yakni berjumlah 638 (enam ratus tiga puluh delapan) orang yang terdiri dari Kepala Desa berjumlah 117 orang, Ketua BPD berjumlah 117 orang, tenaga pendamping profesional kementerian desa se kabupaten kolaka timur berjumlah 53 orang, Ketua TP-PKK Desa berjumlah 117 orang, Sekretaris Desa berjumlah 117 orang dan Kaur keuangan desa berjumlah 117 orang.


"Narasumber dari DPMD, BPJS ketenagakerjaan, Bank Sultra dan koordinator tenaga pendamping profesional desa," sebutnya.


Lebih lanjut ia menuturkan, materi dan metode kegiatan, BPJS ketenagakerjaan, diskusi dan tanya jawab, pembukaan rekening kas desa, diskusi dan tanya jawab, sosialisasi Perbup ADD tahun 2023, diskusi dan tanya jawab, sosialisasi perbup dana stimulan desa tahun 2023, diskusi dan tanya jawab dan sosialisasi Perbup peningkatan kapasitas pemerintah desa tahun 2023, diskusi dan tanya jawab.


"Tempat dan waktu kegiatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 02 maret 2023 bertempat di aula pemerintah daerah kabupaten kolaka timur," tuturnya.


"Terkait pembiayaan kegiatan ini berasal dari DPA DPMD kabupaten kolaka timur tahun anggaran 2023 dan bantuan pihak terkat yang tidak mengikat," tambahnya menjelaskan.


Laporan :  Epin

×
Berita Terbaru Update