Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kain Motif Sorume Memukau di Pameran Dekranas Kriyanusa

Friday 15 September 2023 | September 15, 2023 WIB Last Updated 2023-09-16T07:00:58Z

Ketua Dekranasda kabupaten Kolaka Timur, Hartini Azis 

JAKARTA - TRANSJURNAL.com -
Kain Motif Wulele Sorume Momahe dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah menjadi sorotan utama dalam Pameran Kriyanusa 2023. Nama Sorume, yang telah menjadi ikon Koltim, kembali menghiasi Jakarta Convention Center (JCC) dalam pameran yang merupakan program tahunan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini.


Di bawah pengawasan Ketua Dekranasda Koltim, Hartini Azis AMa, motif Wulele Sorume tampil sebagai bagian dari upaya mendukung perajin lokal agar dapat berperan aktif dalam perekonomian nasional. Pameran berlangsung dari Rabu hingga Minggu (13-17 September 2023).


Pameran ini secara resmi dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di JCC pada Rabu. Ibu Negara hadir bersama Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma'ruf Amin, dalam acara yang dihadiri oleh berbagai pihak.


Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan bahwa pameran ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dekranas untuk mempromosikan produk-produk kerajinan dari seluruh daerah di Indonesia.


Foto ibu negara, Iriana Joko Widodo (tengah)

Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil, mengatakan bahwa pameran ini merupakan salah satu upaya Dekranas dalam pengembangan kapasitas para pelaku usaha kerajinan. Ia menjelaskan bahwa tujuan utama pameran adalah mendorong penciptaan dan pengembangan produk kerajinan lokal, sekaligus melestarikan citra budaya dari seluruh daerah di Indonesia.


Sri menambahkan bahwa pameran Kriyanusa menampilkan 307 stan pameran dari berbagai dekranasda provinsi, kabupaten/kota, kementerian, serta lembaga. Pameran ini juga melibatkan persaingan nasional untuk mengembangkan dan menampilkan produk unggulan khas Indonesia.


"Kegiatan ini membantu pelaku usaha dalam memahami perkembangan desain terkini yang sesuai dengan selera pasar," ungkap Sri.


Setelah pembukaan acara Kriyanusa, Ibu Negara dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengunjungi berbagai stan pameran, termasuk stan yang menampilkan Kain Motif Wulele Sorume Momahe dari Koltim.


Laporan Redaksi 

×
Berita Terbaru Update