Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ruksamin Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023

Tuesday 19 December 2023 | December 19, 2023 WIB Last Updated 2023-12-19T10:38:36Z


KONUT - TRANSJURNAL.com -
Bupati Konawe Utara, Ruksamin, memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-75 yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konawe Utara pada Selasa, 19 Desember 2023.


Dalam kesempatan tersebut, Ruksamin menyampaikan bahwa Hari Bela Negara adalah salah satu hari bersejarah yang diperingati setiap tahun di Indonesia. Peringatan ini menjadi momentum untuk mengenang peristiwa Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948.


Ruksamin menjelaskan bahwa Agresi Militer Belanda II dimanfaatkan oleh Belanda untuk menguasai ibu kota negara yang saat itu berada di Yogyakarta. 


Meskipun demikian, imbas terbentuknya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) mengakibatkan Belanda tidak berhasil mengambil alih Indonesia. 



Hal ini berujung pada perjanjian Roem-Royen yang disepakati oleh Belanda dan Indonesia dan disahkan pada 1 Juli 1949.


Untuk mengenang perjuangan PDRI, Pemerintah Republik Indonesia membangun Monumen Nasional Bela Negara di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.


Ruksamin menutup sambutannya dengan mengucapkan selamat Hari Bela Negara 2023 dan mengajak semua untuk mengobarkan semangat bela negara demi kemajuan Indonesia.


Dengan peringatan ini, diharapkan semangat bela negara dapat terus ditanamkan dalam jiwa masyarakat untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.


Laporan : Rud 

×
Berita Terbaru Update