Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desa Gunung Jaya Salurkan BLT-DD Rp1.800.000 kepada 20 KPM Jelang Idul Fitri

Monday 1 April 2024 | April 01, 2024 WIB Last Updated 2024-04-02T03:55:25Z

Kepala Desa Gunung Jaya, Sutrisno Handoko, serahkan langsung bantuan kepada 20 kelompok penerima manfaat di kantor Desa Gunung Jaya, pada Senin, 1 April 2024 kemarin. (Ft, Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com
- Sebanyak 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Dangia, Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, telah menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebesar Rp1.800.000. Bantuan ini disalurkan kemarin sore, Senin (1 April 2024), sebagai upaya untuk meringankan beban ekonomi warga menjelang hari raya Idul Fitri.


Kepala Desa Gunung Jaya, Sutrisno Handoko, mengatakan bahwa penyaluran BLT-DD ini dibagi menjadi dua tahap yang keseluruhan berlangsung selama enam bulan dan dilaksanakan serentak pada bulan April. 


"Dengan sistem penyaluran dua tahap ini, setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan total bantuan sebesar Rp1.800.000," terang Sutrisno.


Sutrisno jelaskan tentang proses seleksi penerima bantuan yang dilakukan dengan sangat selektif untuk memastikan hanya mereka yang benar-benar membutuhkan yang terpilih. Fokus utama diberikan kepada keluarga yang tidak menerima bantuan lain, para lansia, keluarga dengan anggota yang sakit dan tidak memiliki penghasilan, serta warga miskin ekstrem. 


"Khusus untuk warga miskin ekstrem, di desa kami terdapat tiga orang yang langsung kami prioritaskan," tambah Sutrisno.



Lebih lanjut, Kades dua periode ini mengungkapkan bahwa tujuan dari penyaluran BLT-DD ini bukan hanya untuk membantu warga Desa Gunung Jaya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga sebagai upaya untuk membawa sedikit kelegaan menjelang hari raya Idul Fitri. 


"Kami berharap, walaupun tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan, setidaknya bantuan ini dapat meringankan beban mereka di hari raya," ujar Sutrisno.


Meski mengakui adanya keterlambatan dalam pencairan dana desa, Sutrisno percaya bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk penyaluran bantuan, agar dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat menjelang Idul Fitri.


"Penyaluran BLT-DD merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh negara kepada pemerintah desa untuk ditunaikan kepada masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.


Diketahui, kegiatan penyaluran bantuan di Desa Gunung Jaya dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk kepala desa, ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Sekdes Gunung Jaya, Pendamping Desa, dan seluruh aparat Desa, serta penerima manfaat itu sendiri. 


Sutrisno Handoko berharap bantuan ini dapat membawa berkah bagi seluruh warga, khususnya penerima, di bulan suci Ramadan dan menjelang Idul Fitri.


Laporan Redaksi

×
Berita Terbaru Update