Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kegiatan Prakerin Asal SMKN 02 Bombana Sedang Berlangsung di Kota Kendari

Monday 27 June 2022 | June 27, 2022 WIB Last Updated 2022-07-07T08:06:55Z

Ketgam: Kepala SMKN 02 Bombana saat memeriksa peserta prakerin yang siap diberangkatkan. (Ft, Ist)

Kendari-Transjurnal.com-
Kegiatan praktek kerja industri (prakerin) asal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Bombana dari 105 peserta sedang berlangsung di kota Kendari yang di berangkatkan pada tanggal 18 Juni 2022 di Bombana dan masuk pada tanggal 20 Juni 2022 di kota Kendari dalam program Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA), Senin, 27/6/2022.


SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah.


Salah satu tujuan pendidikan kejuruan yang tertuang dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) nomor 20 tahun 2003 yaitu menyiapkan peserta didik yang profesional dalam bidang keahliannya dengan memiliki sifat ulet, gigih dalam berkompetensi dan beradaptasi di lingkungan kerja.


Ketgam: Rapat orangtua siswa sehari sebelum berangkat. (Ist)

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah menyelenggarakan model pendidikan sistem ganda atau dual system, dimana sekolah menggandeng institusi pasangan dunia usaha/dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) sebagai mitra, untuk memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di SMK dan program latihan di dunia kerja.


Sekolah sebagai lembaga formal memberikan ilmu dan pembelajaran di kelas, sedangkan DUDIKA  sebagai rekan sekolah menjadi tempat pelatihan dan praktek kerja yang sesungguhnya.



Kepala SMKN 02 Bombana, melalui ketua panitia prakerin, Darwis, menuturkan bahwa Pelaksanaan prakerin SMKN 02 Bombana di mulai bulan ini, merupakan program yang ditunggu bagi peserta didik, karena saatnya mereka menerapkan, memantapkan dan meningkatkan kompetensi yang melibatkan praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya melalui pembimbingan praktik.


"Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap tercapainya kompetensi peserta didik, sekolah dan DUDI kerjasama menyelesaikan kegiatan prakerin dari 30 kantor," tulis Darwis melalui WhatsAppnya.


Darwis menambahkan, dari 105 peserta prakerin asal SMKN 02 Bombana yang kini sedang menjalani kegiatan tersebut di kota Kendari dengan 30 perkantoran yang terbagi 8 jurusan yaitu.


"1. Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP), 2. Jurusan Asisten Keperawatan (ASKEP), 3. Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), 4. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), 5. Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), 6. Tehnik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), 7. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHP), 8. Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ)," Ungkap Darwis.


Penulis: Epin.

×
Berita Terbaru Update