Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kemenparekraf Gandeng BRI Gelar Pelatihan Pemanfaatan KUR

Sunday 23 October 2022 | October 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-23T08:04:25Z


Nasional - Transjurnal.com -
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan BRI menggelar pelatihan atau _coaching clinic_ Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi para pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Kota Medan Sumatra Utara, 20/10/2022.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya melalui video, Kamis (20/10/2022) menjelaskan pada tahun 2022, menurut Bank Dunia diperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,2 persen seiring dengan perekonomian dunia yang berangsur membaik dan terkendalinya pandemi COVID-19. 


“Optimisme tersebut didasari dengan adanya sinyal pemulihan indikator ekonomi Indonesia, dimana salah satunya yaitu lapangan tenaga kerja yang berkualitas di sektor parekraf yaitu sebanyak 1,1 juta yang ditopang oleh subsektor kuliner, kriya, dan fashion. Sementara untuk program KUR sektor parekraf selama tahun 2021 telah tersalurkan kepada 3,4 juta pelaku parekraf dengan total nilai KUR senilai Rp129 triliun,” jelas menteri Pariwisata, Sandiaga Salahuddin Uno.


Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky H.P Manurung menambahkan, kegiatan _coaching clinic_ KUR sektor parekraf di Medan dilakukan secara hybrid dan diikuti 80 pelaku di sektor parekraf yang dipertemukan oleh lembaga keuangan perbankan untuk mendapatkan fasilitas akses pembiayaan melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). 


Ini sekaligus untuk mendapatkan informasi tentang tata cara pengajuan program KUR sehingga dapat membangkitkan kembali UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kedepan yang lebih cerah dan tentunya dapat berdaya saing.


“UMKM merupakan pilar penting dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia dan melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI), diharapkan akan semakin memiliki daya tahan dan bertumbuh kembang,” ujar Henky.


Sementara itu, Direktur akses pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf Anggara Hayun Anujuprana menjelaskan tentang permasalahan UMKM akibat COVID-19  memberikan dampak pada mayoritas UMKM berupa penurunan penjualan atau permintaan usaha. 


“Solusi akses pembiayaan yang dapat diberikan untuk UMKM dapat berasal dari perbankan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun non perbankan melalui _Security Crowdfunding_, _Angle Investor_, atau teknologi finansial," kata Hayun.


Selanjutnya, dalam laporan ketua pelaksana acara, Mugiyanto, menyampaikan bahwa kegiatan Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf ini merupakan salah satu upaya memperkuat model pemberdayaan, di samping sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam menopang pertumbuhan ekonomi UMKM yang berada di Kota Medan.


 “Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi suatu gerakan bersama untuk menciptakan lapangan pekerjaan khususnya di Kota Medan,” ungkap Mugiyanto.


Berdasarkan data dari Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) pada Januari hingga September 2022, penyaluran KUR oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Sumatra Utara khusus untuk Sektor Parekraf telah tersalurkan sebesar Rp1,03 triliun dengan jumlah 22.138 debitur. 


Sedangkan khusus untuk Kota Medan telah terealisasi penyaluran KUR sebesar Rp190,8 miliar dengan jumlah 4.011 debitur.


Hasil validasi yang dilakukan oleh Tim BRI terhadap peserta pada saat kegiatan Coaching Clinic berlangsung, diperoleh komitmen pembiayaan sebesar Rp2,056 miliar untuk 40 pelaku usaha parekraf.  


“Diharapkan peserta lainnya yang masih dalam proses validasi dapat juga memperoleh fasilitasi pembiayaan program Kredit Usaha Rakyat,” tutupnya.



Editor : Red 

×
Berita Terbaru Update