Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PKK Koltim Gelar Sejumlah Pelatihan Tingkatkan Pengetahuan Pengurus

Wednesday 2 November 2022 | November 02, 2022 WIB Last Updated 2022-12-02T04:10:21Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Tim Penggerak PKK Koltim, terus berupaya untuk meningkatkan pengetahun seluruh aspek kehidupan bagi pengurus disemua tingkatan.


Untuk itu, pada Rabu (2/11) TP PKK Koltim yang dipimpin Nyonya Hartini Azis AMa, menggelar Pelatihan Administrasi PKK Desa/Kelurahan, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan HIV Aids, Pelatihan Pengelolaan Up2k-Pkk Dan Sosialisasi Iva Test Tahun 2022, bertempat di Aula Pemda Koltim.


Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa menjabarkan sejumlah item pelatihan dan tujuannya. 


Pertama Pelatihan Adminitrasi bagi Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan bersama pengurus. Bertujuan meningkatan Tertib Administrasi pada seluruh pengurus Tim Penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan bahkan sampai ke Dasawisma, merupakan salah satu kunci keberhasilan PKK dalam Organisasi Pemerintah Kabupaten, melalui kegiatan Tertib Administrasi, termasuk pencatatan, data yang akurat dan pelaporan sccara berjenjang yang menjadi pola dasar kebijakan dalam menyusun program kegiatan yang tepat guna dan tepat sasaran. 



Kedua, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan HIV Aids. Karena Narkoba dan penyebaran Virus HIV Aids merupakan 11 tanggung jawab lintas sektor, baik di Pemerintahan maupun Masyarakat, pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dan Obat-obatan berbahaya serta penularan Virus HIV Aids bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersarna agar generasi muda dan masyarakat menjadi sehat dan sejahtera untuk itu Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintahan turut serta untuk meminimalisir terhadap penyalahgunaan Narkoba maupun terhadap penyebaran Virus HIV Aids di masyarakat. 


Ketiga, Pelatihan Pengelolaan UP2K-PKK bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Tim Penggerak PKK dan Kader PKK tentang Pengelolaan Pengembangan Usaha Ekonomi Keluarga (UP2K-PKK), maka Tim Penggerak PKK Kabupaten akan melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Usaha serta tatacara pengisian 3 Buku UP2K-PKK sehingga Kelompok-kclompok usaha di masyarakat dapat di kelola secara baik dan dapat menghasilkan. 


Lalu yang ke empat adalah Sosialisasi IVA Test. Dan kelima sebut Hartini Azis, sosialisasi Kanker Serviks. Tujuannya karena salah satu gangguan yang kerap terjadi pada wanita, penyakit ini dapat mempengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera di tangant. Meski gejalanya dapat muncul setelah sel kanker sudah menyebar sehingga penanganan dini sulit dilakukan. Maka dari itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten akan memberikan Sosialisasi dan pembinaan terhadap program IVA Test.



Sementara Hj Saida SH selaku ketua panitia kegiatan tersebut melaporkan, jika tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni, untuk menyamakan presepsi tentang pelaksanaan penerapan 10 Program Pokok PKK secara berjenjang dan tersosialisasinya pelaksanaan Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 secara berjenjang. 


“Terimakasih kepada Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Kolaka Timur yang begitu banyak memberi bantuan dan perhatian terhadap kegiatan ini sehingga dapat terlaksana sesuai yang diharapkan, begitu pula bapak/ibu Pengurus PKK yang setia membantu kami sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar,” tutupnya. 


Laporan : Epin 


×
Berita Terbaru Update