Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Pergantian Tahun, Omset Penjual Ikan Menurun

Sunday 1 January 2023 | January 01, 2023 WIB Last Updated 2023-01-01T09:06:07Z


CIANJUR - TRANSJURNAL.com -
Menjelang pergantian tahun baru 2023 penjual ikan mas dan nila keluhkan omsetnya yang menurun drastis, beda dengan tahun sebelumnya.


Keluhan itu, bermula dari sejumlah pedagang ikan eceran salah satunya Udan Buldan, asal Kampung Kebon Salak Desa Sindang Asih Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur Jawa Barat, yang membandingkan penghasilannya pada tahun ini.


"Disetiap akhir tahun sebelumnya, saya selalu menyediakan ikan konsumsi dengan jumlah yang cukup banyak sampai sekitar 6 kwintal bahkan bisa juga lebih, tapi di akhir tahun 2022 ini saya hanya menyediakan  sedikit di karenakan harga dari pemasok atau harga dari jaring terapungnya sangatlah mahal, bahkan sampai satu hari ini tanggal 1 januari 2023 stok ikan jualan masih banyak," ujar Udan Buldan kepada wakil Kepala Biro TRANSJURNAL.com Kabupaten Cianjur, Minggu, 1/1/2023.



Lanjut Ia mengatakan, meskipun aktifitas dalam kesehariannya sebagai seorang pengecer ikan, baik itu jenis ikan pembenihan atau pembibitan yang juga pengecer ikan konsumsi dari jenis ikan Mas, Nila dan lain sebagainya. Namun, tahun ini dia kesulitan dengan harga pakan yang melonjak naik.


"Harga ikan di jaring terapung yang sangat mahal mungkin di sebabkan dari harga pakan yang sangat melambung harganya bahkan tidak seimbang dengan target penghasilan panennya," tuturnya.



Senada dengan yang di katakan Kamal seorang pengecer ikan yang berlokasi di Jalan KH.Saleh Kampung Salimut Desa Sukamanah Karangtengah Cianjur. Yang mengharapkan agar Pemerintah segera memperbaiki sistem ekonomi masyarakat terutama bagi masyarakat yang membidangi usahanya di bidang Perikanan, baik Petani yang ada di Kolam Darat maupun Petani yang ada di Kolam Jaring Terapung.


"Ini harusnya ditanggapi serius pihak terkait yang menjadi permasalahan besar bagi Petani ikan, tidak seimbangnya harga pakan sama harga jual ikan," katanya.


"Jadi tolong kepada Pemerintah terutama anggota Dewan sebagai wakil masyarakat agar segera mendengar keluhan Petani ikan dan menstabilkan hal tersebut," tutupnya.


Laporan : Gunawan

×
Berita Terbaru Update