Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plt Bupati Koltim Resmikan Kebun Toga PKK yang Akan Jadi Edukasi Baru

Tuesday 21 March 2023 | March 21, 2023 WIB Last Updated 2023-03-21T12:25:51Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
  Plt Bupati Kolaka Timur Abdul Azis SH MH resmikan kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kolaka Timur yang akan menjadi edukasi baru bagi masyarakat di Koltim.


Pada kebun TOGA terdapat berbagai tanaman yang berkhasiat yang ditanam di lahan pekarangan Kantor TP-PKK Kabupaten Kolaka Timur yang tujuannya  untuk memenuhi keperluan keluarga akan obat tradisional yang dapat dibuat sendiri.


Memanfaatkan jenis tanaman toga merupakan upaya pencegahan terhadap penyakit. Selain itu, jenis tanaman toga juga dapat dijadikan usaha promotif atau meningkatkan kesehatan, hingga upaya kuratif sebagai penyembuh penyakit.


Hal ini disampaikan Plt Bupati Koltim Abdul Azis SH MH saat meresmikan kebun TOGA milik TP-PKK Kabupaten Koltim, Selasa (21/3/2023), yang terletak di samping kantor TP PKK Koltim. Kegiatan ini, turut dihadiri Ketua TP-PKK Koltim Hartini Azis, A.Ma, serta pengurus dan sejumlah pimpinan OPD.


"Dengan kebun toga PKK ini, bisa menjadi edukasi baru di Koltim, yang bisa juga meningkatkan ekonomi kita. Sehingga, akan sangat bagus jika Tim Penggerak PKK Kecamatan sampai Desa dan Kelurahan, juga menghidupkan kembali kebun TOGA tersebut" katanya.



Sementara itu, Ketua TP-PKK Koltim menyampaikan, kebun toga ini harus dijaga, agar berkelanjutan, dan menjadi contoh untuk mengedukasi instansi lain serta TP-PKK yang ada di Koltim, hingga desa dan kelurahan.


Sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK, maka terus berinovasi untuk kemajuan daerah Kolaka Timur.


"Kemudian, jika nanti ada lomba, baik di Provinsi maupun Nasional, kita bisa ikut lombakan. Di dalam kebun TOGA ini, aneka tanaman ada, seperti Jahe, Kunyit, Cabe, Bawang. Tomat, Paria, Seledri, dan lain sebagainya," sebutnya.


Dirinya juga mengharapkan seluruh pengurus TP-PKK Koltim, untuk menjaga dan merawat kebun TOGA serta mengembangkan di setiap Kecamatan dan Desa. (Dsk)


Editor : Red

×
Berita Terbaru Update