Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Ketapang Koltim Gelar Pasar Murah di Tirawuta

Monday 10 April 2023 | April 10, 2023 WIB Last Updated 2023-04-11T01:04:14Z

Dr. Idarwaty Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara. (Ft, Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dibawah pimpinan Dr. Idarwaty menggelar pasar murah di alun-alun lapangan sepakbola kelurahan Rate-Rate kecamatan Tirawuta belum lama ini.


Pada Bulan Suci Ramadhan 1444 H Tahun 2023, beberapa bahan pokok kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan yang sangat signifikan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra).


Adapun jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan yakni Beras, Telur, Daging, Ayam, Cabe, Bawang Putih dan Merah serta Minyak Goreng.


Sebelumnya harga Beras berada diposisi harga 500 ribu rupiah. Semenjak di Bulan Suci Ramadhan, harga melambung naik hingga 700 ribu rupiah. Begitupun dengan bahan pokok lainya juga mengalami kenaikan di pasar tradisional maupun di kios-kios pengecer.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka Timur, Dr. Idarwaty menuturkan, jika kenaikan bahan pokok seperti Beras memang terjadi kenaikan yang begitu signifikan, dan itu terjadi bukan hanya di Kolaka Timur, tetapi hampir di seluruh daerah sejak memasuki bulan suci ramdhan.


“Untuk Beras ada kenaikan harga dan hampir semua daerah, karena nanti di bulan April baru panen raya. Tapi Alhamdulillah untuk Kolaka Timur stok beras masih cukup sampai 3 bulan ke depan,” ujarnya.


Penyediaan sembilan bahan pokok (Sembako)

Untuk itu, Idarwaty mengimbau masyarakat khususnya Kolaka Timur agar tidak resah. Sebab Dinas Ketapang Kolaka Timur bekerjasama Toko Tani Indonesia Center ( TTIC), mengadakan pasar murah yang bertujuan stabilisasi harga pangan dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.


Adapun harga yang telah ditetapkan di kegiatan pasar murah ini, untuk beras 5 kilo gram seharga 50 ribu rupiah, Bawang Merah 30 ribu rupiah per kilo, Bawang Putih 30 ribu rupiah per kilo, Gula dan Tepung 15 ribu rupiah per kilo, tepung terigu gatotkaca 12 ribu rupiah per kilonya.


“Itulah jenis bahan pokok dan harga yang kami siapkan. Dinas Ketapang akan terus menyiapkan stok sampai lebaran nanti,” paparnya.


Selain memasarkan bahan pangan dengan harga terjangkau, pihaknya juga membagikan ribuan kupon belanja hemat kepada masyarakat kurang mampu. Setiap warga mendapatkan satu kupon pecahan 100 ribu yang bisa ditukarkan di stand Pasar Murah. 


Dalam pasar murah, pihaknya bekerja sama dengan Bulog dan beberapa distributor bahan pangan di Kolaka Timur menyiapkan bahan pangan murah untuk masyarakat sekitar.


"Kami pastikan harga bahan pangan yang dijajakan terjangkau oleh masyarakat. Misalnya harga beras hanya Rp 10 ribu/ kg, minyak goreng Rp 14 ribu/liter, gula pasir Rp 13 ribu/kg dan bahan pangan lainnya yang juga tak kalah murah," tutupnya.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update