Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadis Pendidikan Konut Monitoring ANBK di Lasolo Kepulauan

Tuesday 31 October 2023 | October 31, 2023 WIB Last Updated 2023-10-31T11:01:26Z

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Utara, Asmadin saat melakukan monitoring ANBK di Lasolo Kepulauan.

KONUT - TRANSJURNAL.com -
 Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Konut, Asmadin telah Melakukan Monitoring Asesmen Nasional berbasis komputer (ANBK) di Lasolo kepulauan kabupaten Konawe Utara, provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa, (31/10/2023).


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Asmadin, memberikan penjelasan tentang tujuan Asesmen Nasional yang merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 


"Penilaian mutu ini didasarkan pada hasil belajar siswa (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran," ucap Asmadin kepada media online.


Asmadin menambahkan bahwa informasi-informasi tersebut diperoleh melalui tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan. 


"AKM mengukur kompetensi mendasar literasi membaca dan numerasi siswa, Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan siswa, sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar," katanya.


Lebih lanjut menyampaikan, bahwa perubahan sistem evaluasi dari Ujian Nasional ke Asesmen Nasional merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh, dengan tujuan memperbaiki kualitas belajar-mengajar dan hasil belajar siswa.


"Asesmen Nasional juga memberikan informasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu serta kesenjangan antar bagian dalam sistem pendidikan, seperti kompetensi dan karakter siswa," ungkapnya.


Kata dia, Mendikbud telah menyatakan bahwa hasil Asesmen Nasional digunakan sebagai peta awal mutu sistem pendidikan secara nasional dan tidak untuk mengevaluasi kinerja sekolah maupun daerah.


"Pada tahun 2023, dasar pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis komputer diatur oleh KEMENDIKBUD Ristek nomor 015/KP/2023 tentang standar penyelenggaraan Asesmen Nasional berbasis komputer," sebutnya.


Pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis komputer ANBK dilakukan secara bertahap, dengan tahap pertama pada tanggal 23-26 dan tahap kedua pada 30-2 November.


"Untuk Konawe Utara, pelaksanaannya secara online dan diikuti oleh 102 sekolah dasar," pungkasnya.


Laporan : Rud

×
Berita Terbaru Update