Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Sambutan Plh Bupati Saat Survei Re-Akreditasi RSUD Kolaka Timur

Wednesday 1 November 2023 | November 01, 2023 WIB Last Updated 2023-11-02T04:53:29Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Dalam upaya menjaga kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Timur, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (PLH) Bupati Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, memberikan sambutan penting dalam rangka "survei re-akreditasi RSUD Kabupaten Kolaka Timur oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna". Bertempat di Aula Rapat Kantor RSUD Koltim, Rabu (01/11/2023).


Diawal sambutan, Sekda menyampaikan bahwa, menurut peraturan, rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan rujukan berkewajiban menjaga kualitas pelayanan, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit, yang kemudian dirubah dalam UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan. 


"Salah satu cara menjaga kualitas tersebut adalah melalui proses akreditasi rumah sakit," sebutnya.


Ia menjelaskan, RSUD Kabupaten Kolaka Timur saat ini adalah satu-satunya fasilitas kesehatan rujukan di wilayah tersebut dan telah berhasil mencapai strata perdana dalam proses akreditasi pada tahun 2018.


"Meskipun regulasi meminta akreditasi berikutnya dilakukan pada akhir tahun 2021, pandemi COVID-19 membuat Kementerian Kesehatan memberikan perpanjangan hingga akhir tahun 2023," terangnya.



Lebih lanjut, Ikbal menjelaskan pentingnya survei akreditasi dalam menilai sejauh mana rumah sakit mematuhi standar pelayanan yang tertera dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). Semakin banyak standar yang dipenuhi, semakin baik mutu pelayanan rumah sakit.


"Harapannya adalah RSUD Kabupaten Kolaka Timur dapat memenuhi dan menjalankan standar-standar ini, bukan hanya selama survei, tetapi juga secara berkelanjutan," ujarnya.


RSUD Kolaka Timur, kata Sekda telah menunjukkan peningkatan pelayanan selama hampir 10 tahun beroperasi, dengan meningkatnya jumlah pasien baik rawat jalan maupun rawat inap. Hal ini sejalan dengan peningkatan pendapatan rumah sakit. 


"Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan dengan memberikan anggaran khusus untuk operasional rumah sakit, termasuk obat-obatan, bahan medis habis pakai, dan oksigen," ungkapnya.


Ia menambahkan, bahwa Pemerintah daerah juga memberikan perhatian khusus dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan. Semua ini bertujuan untuk menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien. 


"Selamat melaksanakan kegiatan survei re-akreditasi, dengan harapan seluruh civitas RSUD Kolaka Timur dapat belajar dari setiap prosesnya," tutupnya.


Dalam acara ini, turut hadir surveyor dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP), Asisten 2 Sekretariat Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur, Direktur RSUD Kabupaten Kolaka Timur, serta seluruh staf rumah sakit.


Laporan Redaksi

×
Berita Terbaru Update