Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Koltim Gemilang: Juara Fashion Show Sultra Tenun Karnaval dan Penghargaan Prestisius Sensus Pertanian

Monday 4 December 2023 | December 04, 2023 WIB Last Updated 2023-12-04T18:36:46Z


KENDARI - TRANSJURNAL.com -
Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) meraih prestasi gemilang dalam satu pekan terakhir dengan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Koltim menjadi juara 1 Lomba Fashion Show Sultra Tenun Karnaval 2023. 


Pada acara yang berlangsung tanggal 2-3 Desember di Kota Kendari, Dekranasda Koltim berhasil mengungguli 16 dekranasda se-Sulawesi Tenggara (Sultra).


Tampil memukau dengan kreativitas dan keahlian merancang pakaian berbasis tenun lokal, khususnya motiv Sorume, mereka mencuri perhatian juri dan ribuan penonton.



Ketua Dekranasda Koltim, Hartini Azis A.Ma, mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi ini, sambil mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang berdedikasi. 


"Kemenangan ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi antara anggota Dekranasda Kolaka Timur," ungkap Hartini.


Ia menuturkan, bahwa tenun batik motif Sorume ini menjadikan Dekranasda Koltim keluar sebagai pemenang dari 17 kota dan kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara.


"Dari hasil ini yang merupakan kebanggaan tersendiri khususnya bagi masyarakat Kolaka Timur dan akan menjadi motor penggerak dalam mengangkat potensi lokal, bisa menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat rasa identitas kita," tuturnya.


"Kami dari Dekranasda Koltim berupaya memadukan kekayaan budaya lokal dengan desain yang modern dan menarik, sehingga membuat para juri dan ribuan penonton terpukau dengan pesona Sorume," tambahnya.


Pada sisi lain, Bupati Koltim Abdul Azis SH MH menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS). 


Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi terhadap partisipasi Pemda Koltim dalam mensukseskan Sensus Pertanian Tahun 2023. 


Piagam tersebut diserahkan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol (P) Andap Budhi Revianto, dan Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti pada Senin (4/12/23) di Ruang Pola Kantor Gubernur.



Pada kesempatan itu, Bupati Koltim menyampaikan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait dalam mendukung pelaksanaan sensus pertanian.


"Sensus pertanian adalah instrumen penting untuk memperoleh data akurat dan terkini mengenai sektor pertanian di suatu daerah," katanya.


Sehingga, kata kosong satu Koltim itu, bahwa penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Pemda Kolaka Timur untuk terus aktif berpartisipasi dalam kegiatan sensus dan memberikan kontribusi positif dalam upaya pemetaan sektor pertanian, baik di Kolaka Timur maupun di Indonesia pada umumnya.


"Saya bersyukur atas kerjasama yang baik selama pelaksanaan sensus ini," syukurnya.


Lebih lanjut, Bupati Azis, mengungkapkan bahwa dari hasil sensus pertanian dengan berkat Petani semua diberikan penghidupan bukan hanya sesama manusia, tetapi juga makhluk hidup lainnya ikut  merasakan dampak dari pada pekerjaan petani.


"Inilah hasil sensus pertanian kita yang selalu mendorong para petani dan mensuport nya. Sehingga hari ini kita diberi penghargaan,” bebernya.


Olehnya itu, Kata Bupati, akan terus mendongkrak para petani karena  kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara. Untuk ketersediaan pangan yang cukup dan terjamin menjadi hal yang sangat penting untuk menopang kehidupan Masyarakat.


"Disini Pemerintah daerah akan terus hadir dan mendukung berbagai sektor kehidupan, utamanya sektor pertanian yang menjadi sektor unggulan pertama di daerah ini. Sehingga, peningkatan hasil panen terus berlanjut, dan bahkan menjadi sektor andalan untuk kemajuan di Bumi Sorume ini," tutupnya. (Adv)


Laporan Redaksi

×
Berita Terbaru Update