Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Resmi Dibuka Raimuna Cabang 1 Koltim, Penegak Pandega Siap Berbakti untuk Koltim

Friday 16 September 2022 | September 16, 2022 WIB Last Updated 2022-09-16T10:54:46Z


KOLTIM - Transjurnal.com -
Bupati Kolaka Timur (Koltim) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa  resmi membuka Raimuna Pramuka Kwartir Cabang I Kolaka Timur tepatnya di Tribun Lapangan Sepak Bola Kelurahan Atula Kecamatan Ladongi, Jumat (16/9/2022).


Dalam kegiatan ini turut dihadiri, Ketua Kwartir  Daerah (Kwarda) Geraka Pramuka Sultra, H. Irawan laliasa SE, M.Si Ketua kwartir cabang (Kwarcab) Kolaka Timur, Ramli madjid SE., MH, Ketua TP-PKK Koltim, Hartini Azis, A.Ma, para OPD, yang tergabung dalam gerakan Pramuka, Camat dan pihak-pihak terkait lainnya.


Kegiatan yang bertema "Optimis Bangkit" akan digelar selama tiga hari, terhitung  mulai 16 September hingga Minggu 18 September 2022. Dimana Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam perkemahan.


Dalam arahannya Bupati yang diwakili Sekda Koltim menuturkan bahwa kedepan penegak pandega ini harus sesuai dengan tema kegiatannya yaitu berbakti untuk Koltim.


 "Artinya penegak pandega ini akan terus eksis di kepramukaan bukan hanya penggalang tapi diperhatikan juga penegak pandega agar kedepan makin menonjol," imbaunya.


Kata dia, gerakan Pramuka yang tidak dikecualikan,  artinya tidak  terkhusus hanya untuk menggalang tapi juga para pandega   secara keseluruhan siaga penggalang penegak pandega Pramuka dewasa.


"Pandega adalah mereka yang berusia 21 sampai dengan 25 tahun dan Penegak adalah mereka yang berusia 16 sampai dengan berusia 20 tahun," jelasnya.


Riki Riswandi Ketua DKC Koltim 

Sementara itu, Ketua Dewan Kwarcab Cabang Kabupaten Koltim, Riki Riswandi  menjelaskan, bahwa rangkaian acara tersebut pertama dibuka secara adat oleh Mahasiswa Haluoleo yang memang menjadi salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dengan  kegiatan penegak kemudian dilanjutkan upacara umum. 


"Kemudian ditandai dengan pemukulan gong dan selanjutnya penjemputan peserta jambore Nasional dari Cibubur Jakarta,"ungkap Riki saat dikonfirmasi langsung usai mengikuti kegiatan tersebut.


"Itu peserta jambore Nasional dari penggalang yang berusia 11 sampai dengan 15 tahun  mereka adalah  peserta yang terpilih yang berangkat ke jambore Nasional itu para siswa SMP," sambungnya menyebutkan.


Lebih lanjut, Riki mengatakan,  bahwa  mengingat karena kegiatan ini adalah kegiatan pertama untuk penegak pandega Raimuna ke 1 di Kabupaten Kolaka Timur. Maka pihak berharap agar  setelah kegiatan ini para peserta,  penegak  kembali kesekolah masing-masing.


Untuk diketahui, Dari 12 Kecamatan yang ada di Koltim, jumlah peserta secara keseluruhan ada 379 orang yang terdiri  dari 11 Kecamatan se-Koltim yang berasal dari  tingkat SMA dan SMK Sederajat. (*)

×
Berita Terbaru Update