Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati Maulid, Bupati Koltim Mengajak Umat Islam Dijadikan Rasulullah SAW Sebagai Uswatun Hasanah

Monday 24 October 2022 | October 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T15:30:54Z


KOLTIM - Transjurnal.com -
Peringati maulid nabi Muhammad SAW 1444 Hijiriah 2022 Masehi, Bupati Koltim Abd Azis SH mengajak umat Islam dijadikan Rasulullah sebagai uswatun hasanah yang memiliki budi pekerti mulia serta sikap terpuji.


Pada acara napak tilas meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW demi terwujudnya visi misi yang aman, agamais, maju mandiri dan berkeadilan dalam rangka maulid nabi dengan tema 'meneladani budi pekerti dan akhlak nabi Muhammad SAW dalam membentuk pribadi insan kamil' di Aula Pemda, Senin 24/10/2022.


Plt. Bupati Koltim, Abd Azis, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa, melalui kesempatan itu ia mengajak seluruh umat muslim yang hadir agar dapat menjadikan peringatan maulid nabi Muhammad SAW, bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi yang terpenting adalah bagaimana dijadikan Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah dalam kehidupan, baik dalam hal perkataan maupun dalam hal perbuatan. 


"Pentauladanan itu sama-sama kita implementasikan dalam berbagai aspek kehidupan baik itu dalam beribadah, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam perilaku kehidupan rasulullah saw, tidak ada ucapan yang keluar dari lisannya melainkan mengandung hikmah dan kebenaran bahkan gerak-gerik Rasullullah kesemuanya mengandung nilai ibadah," kata Bupati Koltim.


Lebih lanjut mengatakan bahwa salah satu ajaran nabi besar Muhammad SAW, ketika pertama kali diserukan oleh tuhannya untuk menyampaikan dakwahnya adalah perintah dakwah itu berbarengan dengan perintah kebersihan dan keindahan sebagaimana firman Allah dalam surah al-mudatsir yang artinya : hai orang-orang yang berselimut, bangkitlah ! berilah peringatan, dan besarkan nama tuhanmu dan pakaianmu bersihkanlah.


"Demikian perhatian islam terhadap kebersihan dan keindahan yang dibawa oleh Rasulullah SAW hingga kebersihan itu termasuk menempati deretan pertama dari tugas kerasulannya, hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah yang tiap jumat kita laksanakan di lingkup pemerintahan kabupaten kolaka timur yang menitip beratkan kepada lingkungan hidup yang bersih," terangnya.


Sekarang ini, masih kata Abd Azis, sedang menjalankan pembangunan dan pelayanan di kolaka timur sampai ke pelosok-pelosok Desa secara terus menerus utamanya keindahan dan kebersihan daerah kita sehingga dapat lebih memperluas wawasan didalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan dan kemasyarakatan.


"Maka dari itu, saya mengharapkan partisipasi semua lapisan masyarakat untuk lebih menyukseskan dan membantu pemerintah daerah. olehnya pada kesempatan ini saya mengajak kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, para alim ulama dan genersi muda, agar senantiasa bahu membahu secara bersama-sama demi daerah yang kita cintai ini," harapnya.


Diakhir sambutannya ia sampaikan, sebagai masyarakat yang plural dan majemuk yang ada di kabupaten kolaka timur, teladan atas sikap Rasulullah SAW hendaknya dapat diwujudkan, dengan senantiasa mengembangkan sikap saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan, serta bertoleransi dengan saudara yang beragama lain.


"Marilah kita laksanakan amar ma’ruf nahi munkar, serta mengatasi berbagai persoalan di Daerah dengan lebih arif, bijaksana, siddiq, amanah, tabligh dan fatonah sebagaimana sifat nabi agung Muhammad SAW junjungan kita. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi, memberi petunjuk, serta meridhoi setiap langkah dan upaya yang kita lakukan demi kemaslahatan bagi masyarakat, utamanya di kabupaten kolaka timur," pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan itu, Al Mukarom ustadz Ahmad Syahroni SH. S.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Koltim, Sekretaris Daerah Kabupaten Koltim, Ketua Pengadilan agama kabupaten kolaka timur, bapak marwan wahidin, S.Hi, Kepala kantor kementerian agama Kabupaten Kolaka Timur Bapak, H. Muh. Kadir Azis Yapie, Ketua MUI Kabupaten Kolaka Timur,  Pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam se Kabupaten Kolaka Timur.


Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Bagian Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Para Camat se Kabupaten Kolaka Timur, Para Kepala Puskesmas, Kepala Desa se Kabupaten Kolaka Timur Para orang tua, ulama, kyai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update