Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kadistanak Apresiasi Gapoktan Suksesnya Panen Raya

Sunday, 20 November 2022 | November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T15:01:39Z

Panen Raya Padi di Kelurahan Welala Kecamatan Ladongi Koltim sukses dilaksanakan yang disertakan dengan penyerahan door prize (kejutan) hadiah utama berupa satu unit motor, mesin cuci hingga sembako sebagai bentuk apresiasi terhadap para Petani sawah. (Ist)

KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Kadistanak) Hamdi, SP MP mengapresiasi kerja keras Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Surya Tani atas suksesnya pelaksanaan panen raya padi seluas 440,5 hektare di Kelurahan Welala Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).


"Pesta panen raya padi yang dilaksanakan oleh Gapoktan Surya Tani kita anggap sukses berkat upaya dan kerja sama, tentunya terutama dari Petani sendiri selaku pelaku sehingga panen bisa  mencapai 9,4 ton perhektar,"ucap Kadis saat dikonfirmasi awak media melalui telpon selulernya, Minggu (20/11/2022).


Lebih lanjut, Kadistanak, menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah ikut menyukseskan panen raya yang dirangkaikan dengan pemberian Hadiah mulai dari Hadiah Motor hingga pemberian Sembako.


"Kemudian dari teman-teman Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan, Camat, Kapolsek, Lurah, juga dari Babinsa dan Kamtibmas yang telah hadir dalam kegiatan ini, saya juga ucapkan terima kasih kepada distributor yang telah membantu petani dalam artian telah berhasil membuat depot khususnya teman-teman distributor pupuk, seperti DGW, Pestisida,"tuturnya.



Hamdi juga menyebutkan, bahwa jenis Padi yang dipanen antara lain, Padi Serang, Mekongga dan Ciliwung. 


"Kemudian ada juga jenis Padi lainnya,"sebutnya.


Kata Hamdi, untuk saat ini Kecamatan  Ladongi dan Dangia termasuk lokasi yang sudah tinggi hasil panennya. Sedangkan untuk tempat lain masih perlu pendampingan dari distributor seperti, di  Tinondo, Lalolae dan Mowewe. 


"Karena, jujur saja ketiga Kecamatan ini masih sangat rendah produksi panennya. Mungkin dari kemampuan petaninya itu sendiri kemudian kurangnya pendampingan dari teman-teman distributor,"ungkapnya.


Ia juga berharap, agar Petani Sawah di Koltim tetap tekun melakukan penanaman Padi sehingga eksis melakukan panen dimana saja dan kapan saja tetap dilaksanakan, sebab menurutnya, ini bagian dari harapan Pemda.


"Ini sesuai dengan Program Pak Bupati dalam mendorong Petani untuk selalu menanam dan memanen kapanpun,"harapnya.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update