Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hikma Pererat Silaturahmi di Kolaka Timur

Friday 20 January 2023 | January 20, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T07:40:07Z


KOLTIM - TRANSJURNAL.com -
Himpunan Keluarga Massenrempulu (Hikma) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar acara Silaturahmi Daerah (Silatda) untuk mempererat tali persaudaraan dari 14 Kota dan Kabupaten se Sultra untuk yang ke IX di gedung Aula Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Sabtu, 21/1/2023.


Hal ini diungkapkan, Ketua DPD Hikma, Ramli Madjid SE MH bahwa tujuan digelarnya Silatda ini untuk mempererat silahturahmi Hikma antar Kabupaten se Sultra. Karena mungkin dari kesibukan  masing-masing selama ini sering lupa untuk saling menyapa, sehingga melalui kegiatan yang secara berkala ini di adakan supaya tambah mempererat. 


"Tujuannya untuk bagaimana kita bersinergi membangun Daerah Sultra disamping Kita menjalin Persatuan. Kita juga berkomitmen untuk membangun masing-masing Daerah Kita di Sultra seperti di Kolaka Timur ini," ungkapnya.


Lanjut kata dia, Sultra ini beragam etnis dan golongan untuk menjaga kemajemukan Masyarakat yang tetap solid dalam mewujudkan persatuan membangun Negeri. 


"Jadi kita harus menjaga kemajemukan etnis dan kerukunan sesama kita semua sebab itu aset untuk kita bisa membangun Sultra lebih maju dan Solid dan Kami juga berkomitmen untuk menjadi agen pelopor perubahan mengajak semua etnis atau golongan untuk membangun Negeri yang kita cintai ini," pungkasnya.



Sementara itu, dalam rangka pembukaan Silaturahmi Daerah (Silatda) himpunan keluarga massenrempulu ke 9 tahun 2023 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Diawal sambutan Plt Bupati Koltim Abdul Azis SH MH menyapa dengan berpantun.


"Buntu Kabobong, Buntu Mekario-rioan, 10 tahun Kolaka Timur semakin menawan, Tapada Mangmesa Lako Kameloan di Silatda Hikma Sultra kita jalin persatuan," katanya.


Adapun bentuk silaturahmi, kata Bupati, yang senantiasa terjaga tradisinya melalui silaturahmi Daerah Hikma yang pada tahun 2023 ini diselenggarakan di Kabupaten Kolaka Timur (Wonua Sorume). 


"Untuk itu, selaku tuan Rumah, Saya atas nama pribadi, Masyarakat dan pemerintah Daerah mengucapkan selamat datang kepada segenap tamu undangan dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulawesi Tenggara. Secara khusus Saya ucapkan kepada para sesepuh, tokoh dan Warga Hikma/Maspul Kabupaten/Kota se Sultra, selamat bersilaturahmi Daerah baik secara internal Hikma maupun secara eksternal dengan komponen Pemerintahan dan Masyarakat lainnya," tuturnya.


Lanjut ia katakan, Pemerintah Daerah Kolaka Timur akan mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan Hikma di Kabupaten Kolaka Timur. Semoga kegiatan Silatda ini nantinya menghasilkan ide-ide dan kesepakatan yang bermanfaat bagi Masyarakat yang dapat segera diimplementasikan bersama.


"Momentum Silatda Hikma ke 9 tahun 2023 tingkat Sultra di Kabupaten Koltim ini terasa istimewa, karena masih dalam suasana memperingati hari jadi Koltim yang ke 10, pada tanggal 11 januari 2023 dengan tema, Satu Dekade Koltim kuat, Koltim maju. Yang diwujudkan melalui Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (gemas)," bebernya.


"Hal ini sejalan dengan tema Silatda Hikma ke 9 yakni membangun negeri menuju pemulihan ekonomi yang kuat di atas prinsip tobana (tolong menolong, bantu membantu, nasehat menasehati, si cadokkoan nastpatangaran)," sambungnya.



Selanjutnya, kata Bupati, bertitik tolak dari tema dan semangat hari jadi kolaka timur dan Silatda Hikma se Sultra tersebut, sehingga ia mengajak kepada segenap sesepuh, tokoh dan Warga Hikma, massenrempulu khususnya Kabupaten Koltim dan Kabupaten/Kota se-sulawesi tenggara agar bersama-sama berperan aktif dalam gerakan membangun dan melayani masyarakat Koltim serta mendukung program Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat demi terwujudnya Koltim Kuat, Sultra Maju dan Indonesia Sejahtera.


"Pemerintah Daerah Kolaka Timur akan mendukung sepenuhnya berbagai kegiatan Hikma di Kabupaten Kolaka Timur. Semoga kegiatan Silatda ini nantinya menghasilkan ide-ide dan kesepakatan yang bermanfaat bagi Masyarakat yang dapat segera diimplementasikan bersama," tutupnya.


Laporan : Epin

×
Berita Terbaru Update