Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ruksamin Instruksikan Reklamasi Tambang untuk Pertumbuhan Investasi Berkelanjutan di Konawe Utara

Thursday 7 December 2023 | December 07, 2023 WIB Last Updated 2023-12-07T16:49:46Z

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng saat memaparkan tentang pentingnya reklamasi tambang pada acara Rakernas Investasi 2023 yang dibuka langsung Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

JAKARTA - TRANSJURNAL.com -
Bupati Konawe Utara H. Ruksamin aktif berpartisipasi dalam Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023 di Balai Kartini, Jakarta, pada Kamis, 07 Desember 2023. Acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo menekankan urgensi investasi sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi.


Presiden Jokowi menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara investor, pengusaha nasional, dan daerah untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam konteks ini, beliau menyoroti peran daerah di luar Pulau Jawa, dengan harapan menciptakan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.


Bupati Ruksamin, setuju dengan visi ini, berkomitmen mendukung pertumbuhan investasi di Konawe Utara. Namun, beliau juga memberikan perhatian khusus terhadap dampak lingkungan dari kegiatan investasi pertambangan.


"Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden, kita ingin membuka peluang kerja sebesar-besarnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa investasi pertambangan dapat menimbulkan dampak negatif seperti pencemaran lingkungan," ungkap Ruksamin.



Bupati Ruksamin secara tegas menginstruksikan agar pemerintah pusat mengeluarkan regulasi ketat sebelum menerbitkan Rencana Kerja Bersama (RKB) baru. Poin kunci dari instruksi Ruksamin adalah mewajibkan perusahaan tambang melakukan reklamasi sebagai langkah preventif terhadap kerusakan lingkungan.


"Dalam Pasal 161 B ayat (1) UU No. 3 Tahun 2020, regulasi reklamasi tambang telah diatur. Saya menekankan agar perusahaan segera melakukan reklamasi untuk menutup lubang-lubang bekas tambang, mencegah kerusakan lingkungan, dan melindungi masyarakat," papar Ruksamin di hadapan para pejabat tinggi negara.


Bupati yang juga seorang Doktor ini memahami bahwa investasi harus berjalan seiring dengan tanggung jawab lingkungan. Dengan mengutamakan reklamasi, Ruksamin memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Konawe Utara tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga meminimalkan dampak negatif terhadap ekosistem lokal.


Dengan arahan ini, Ruksamin menegaskan komitmennya terhadap pembangunan yang berkelanjutan, menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan perlindungan lingkungan di wilayahnya.


Laporan : Rud

×
Berita Terbaru Update