Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kolaka Timur Mengawali Inovasi: Aplikasi SIMONELA dan E-Pengendalian untuk Transparansi dan Efisiensi Pembangunan

Wednesday 28 February 2024 | February 28, 2024 WIB Last Updated 2024-02-29T01:28:54Z

Kegiatan Penginputan aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan di Hotel Zahra Kendari.

KENDARI - TRANSJURNAL.com –
Dalam upaya meningkatkan transparansi dan efisiensi pembangunan serta pengelolaan anggaran, Kabupaten Kolaka Timur meluncurkan inisiatif penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Lapangan (SIMONELA) dan Aplikasi Realisasi Anggaran (E-Pengendalian). 


Peluncuran inisiatif ini ditandai dengan pembukaan acara Pelaksanaan Penginputan kegiatan Fisik/Konstruksi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Timur, Andi Muh. Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, di Hotel Zahra Kendari, pada Rabu kemarin 28 Februari 2024.


Acara ini diselenggarakan sebagai langkah penting dalam mengoptimalkan pengawasan dan evaluasi pembangunan serta realisasi anggaran di daerah. 



Dihadiri oleh para pejabat penting, termasuk Asisten SETDA, Kepala OPD, Direktur RSUD, Kepala Bagian SETDA, Para Camat, serta Operator Admin Aplikasi SIMONELA dan E-Pengendalian, pelaksanaan penginputan data pada kedua aplikasi ini berlangsung selama dua hari, yakni 28 dan 29 Februari 2024.


Sekretaris Daerah, Andi Muh. Iqbal Tongasa, menyampaikan peran vital aplikasi SIMONELA dan E-Pengendalian dalam mendukung pengendalian pembangunan, evaluasi, dan pengawasan realisasi anggaran. 


"Inisiatif ini sangat krusial dalam memberikan informasi, arahan kebijakan, dan langkah-langkah konkret dalam pemanfaatan APBD Tahun 2024, memastikan bahwa pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang diinginkan," ujar Sekda.


Sekda juga menghimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat untuk memanfaatkan dokumen dan data dari aplikasi ini sebagai rujukan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).


"Guna menciptakan perencanaan yang berkualitas, efektif, dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi masing-masing OPD," jelasnya.


Sekda Kolaka Timur, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si.

Lebih lanjut, Andi Muh. Iqbal Tongasa menyampaikan apresiasi kepada tim pengembang aplikasi SIMONELA dan E-Pengendalian atas kerja keras dan dedikasinya. 


"Semoga semua usaha kita dalam mengimplementasikan aplikasi ini bernilai ibadah di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," harapnya.


Dengan diluncurkannya aplikasi SIMONELA dan E-Pengendalian, kata Sekda, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam kualitas pengawasan dan evaluasi terhadap pembangunan dan penggunaan anggaran di Kabupaten Kolaka Timur.


"Sejalan dengan visi dan misi RPJMD Kabupaten Kolaka Timur Tahun 2021-2026, menuju pembangunan yang lebih transparan, efisien, dan berkelanjutan," pungkasnya. (Diskominfo/SK)


Editor : Redaksi 

×
Berita Terbaru Update