Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ruksamin Jabarkan Peran Pemerintah dalam Pendidikan di ITK Avicenna Kendari

Friday 22 December 2023 | December 22, 2023 WIB Last Updated 2023-12-23T07:12:12Z

Bupati Konawe Utara, Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN Eng saat menjabarkan peran Pemerintah Daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan di ITK Avicenna Kendari.

KENDARI - TRANSJURNAL.com -
Bupati Konawe Utara, Ruksamin, saat ini mendapatkan undangan untuk memberikan kuliah umum di Institut Teknologi dan Kesehatan (ITK) Avicenna Kendari dengan tema "Peran Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat". Sabtu (23/12/2023).


Pada kesempatan itu, Ruksamin menegaskan bahwa peran pemerintah sangat berpengaruh dalam keberhasilan pelaksanaan pendidikan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


"Peran pemerintah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pendidikan di suatu daerah," ungkap Ruksamin.



Namun, dalam konteks peningkatan kualitas pendidikan, Ruksamin mengungkapkan bahwa peran pemerintah daerah masih lemah dalam hal distribusi guru, alokasi dana pendidikan yang belum merata, tingkat pengawasan yang rendah, dan kurangnya partisipasi masyarakat. 


Meski demikian, upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe Utara, seperti pemberian beasiswa dalam dan luar negeri serta peningkatan kualitas guru, telah dilakukan.


Ruksamin meyakini bahwa kualitas pendidikan yang meningkat akan mendorong kemajuan daerah, namun hal ini memerlukan campur tangan pemerintah dan dukungan masyarakat.


"Saya meyakini bahwa meningkatkan kualitas pendidikan di suatu daerah memerlukan campur tangan pemerintah dan dukungan masyarakat terhadap sistem pendidikan di daerah tersebut," tambah Ruksamin.


Dengan demikian, Ruksamin menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dan dukungan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk mencapai kemajuan yang lebih baik.


Laporan : Jus

×
Berita Terbaru Update